Enam Pose Yoga untuk Mengatasi Gejala Sindrom Ovarium Polikistik PCOS 

- 13 Mei 2024, 19:30 WIB
Sindrom ovarium polikistik (PCOS) banyak dialami wanita di masa kini, bagaimana penyembuhannya?/ Freepik/ diana.grytsku
Sindrom ovarium polikistik (PCOS) banyak dialami wanita di masa kini, bagaimana penyembuhannya?/ Freepik/ diana.grytsku /

KABAR TASIKMALAYA - Di masa kini, banyak wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS adalah gangguan endokrin wanita yang umum terjadi ini menyebabkan indung telur memproduksi hormon testosteron secara berlebihan sehingga mengakibatkan menstruasi yang tidak teratur, penambahan berat badan, dan masalah kesuburan dan ovulasi.

Pada wanita, hormon testosteron normal berada antara 15 sampai 70 nanogram per desiliter. sindrom ovarium polikistik (PCOS) seringkali terjadi ketika kadar testosteron pada wanita tinggi.

Menurut sebuah penelitian terbaru, berlatih yoga dapat meringankan gejala kecemasan dan depresi pada wanita dengan PCOS. Lebih lagi, partisipan yang melakukan kelas yoga selama satu jam tiga kali seminggu selama tiga bulan dapat menurunkan kadar testosteron sebesar 29 persen.

Yoga dapat dilakukan oleh berbagai tingkat kebugaran dan berbagai usia, sebuah hal yang tidak didapatkan pada jenis olahraga lain seperti berenang, bersepeda, berjalan kaki, atau berlari. Terlebih, yoga memiliki dampak positif yang membantu meningkatkan relaksasi dan menyeimbangkan suasana hati.

Baca Juga: 5 Pose Yoga untuk Mengatasi Gejala Auto Imun Irritable Bowel Syndrome, IBS

Pose Yoga Apa yang Dapat Meringankan PCOS?

Yoga memiliki banyak sekali jenis latihan. Dari aliran yang lembut hingga pose tingkat lanjut yang diperuntukkan bagi para yogi berpengalaman, praktik kuno ini memiliki latihan untuk semua tingkatan. Meskipun demikian, ada beberapa pose yang cocok untuk meredakan PCOS.

Berikut enam pose yoga yang direkomendasikan untuk mengatasi gejala PCOS 

1. Malasana (Garland Pose)

Malasana dapat memperkuat dasar panggul dan inti perut sambil membuka pinggul. Hal ini dapat bermanfaat bagi individu dengan PCOS dengan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke daerah panggul, meningkatkan metabolisme, dan membantu pencernaan.

Anda dapat menggunakan satu atau dua balok di bawah otot bokong sebagai penopang hingga tubuh Anda terbiasa dengan posisi ini.

Halaman:

Editor: Utami Isharyani Putri

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah