7 Pose Yoga untuk Tidur Nyenyak. Praktekkan untuk Istirahat Berkualitas Anda

- 14 Mei 2024, 18:30 WIB
Cara mendapatkan tidur nyenyak berkualitas adalah dengan yoga ringan./ Freepik
Cara mendapatkan tidur nyenyak berkualitas adalah dengan yoga ringan./ Freepik /

KABAR TASIKMALAYA - Yoga adalah cara yang lembut dan memulihkan untuk mengakhiri hari Anda. Dilansir dari website Harvard, sebuah survei menemukan bahwa lebih dari 55% orang yang melakukan yoga merasa bahwa yoga membantu mereka tidur lebih nyenyak. Lebih dari 85% mengatakan bahwa yoga membantu mengurangi stres. Terdapat tujuh pose yoga yang terbukti membuat tidur nyenyak.

Untuk mempraktekkannya Anda dapat menggunakan alat bantu seperti guling, selimut, dan balok untuk membuat pose menjadi nyaman sehingga Anda dapat bertahan lebih lama pada posisi tersebut.

Nafas Anda adalah kunci untuk dapat rileks dalam pose-pose ini. Napas dalam yoga sama pentingnya dengan pose fisik. Gunakan teknik pernapasan yoga yang lembut dan menenangkan yang disebut Ujjayi Breathing, yang juga dikenal sebagai Ocean Breath atau Victorious Breath. 

Caranya, Tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Dengan mulut tertutup, hembuskan napas melalui hidung sambil menyempitkan bagian belakang tenggorokan Anda seolah-olah Anda mengatakan "ha" tetapi tetap tutup mulut Anda. Pernafasan ini akan terdengar seperti ombak lautan (atau seperti Darth Vader dari Star Wars). Gunakan cara napas ini untuk menenangkan diri Anda dalam setiap pose.

Baca Juga: Enam Pose Yoga untuk Mengatasi Gejala Sindrom Ovarium Polikistik PCOS 

Berlatihlah pose-pose yoga ini tepat sebelum tidur selama 3 sampai 5 menit. Gunakan Ocean Breath dalam setiap pose, kecuali pada Corpse Pose, di mana napas Anda kembali normal.

Tujuh pose yoga yang terbukti membuat tidur nyenyak ini dapat meredakan ketegangan dan stres di penghujung hari. Semakin sering Anda berlatih pose-pose ini secara teratur, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan istirahat malam yang lelap.

Apa Saja 7 Pose Yoga untuk Tidur Nyenyak?

1. Wide-Knee Child's Pose (Balasana)

Pose Balasana memberikan rasa tenang dan stabil, namun berhati-hatilah jika Anda memiliki cedera pinggul atau lutut.

Dua variasi pose yoga Balasana yang dapat dilakukan./ YouTube/ Ventuno Yoga
Dua variasi pose yoga Balasana yang dapat dilakukan./ YouTube/ Ventuno Yoga

Halaman:

Editor: Utami Isharyani Putri

Sumber: Harvard Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah