Waspada! Dugaan Money Politik Dikhawatirkan Terjadi di Pilkada Kota Tasikmalaya 2024

- 3 April 2024, 18:33 WIB
Dosen IAI Tasikmalaya, Taufiq Rohman
Dosen IAI Tasikmalaya, Taufiq Rohman /kabar priangan/NY/

KABAR TASIKMALAYA - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tasikmalaya pada 27 November 2024, Dosen Institut Agama Islam (IAI) Tasikmalaya, Taufiq Rohman mengajak masyarakat supaya turut mengawasi bilamana terjadinya dugaan money politic.

"Dugaan money politik dikhawatirkan terjadi di Pilkada Kota Tasikmalaya 2024, maka mari kita semuanya untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada dan melaporkan bilamana terjadi dugaan money politic," ungkap Taufiq Rohman kepada Kabar Tasikmalaya, Rabu 3 April 2024.

Taufiq berharap masyarakat aktif mengawasi dan melaporkan kepada pihak berwenang bilamana menemukan terjadinya dugaan money politik dalam pelaksanaan Pilkada Kota Tasikmalaya.

"Bilamana ada kandidat Calon Wali Kota atau calon Wakilnya ditemukan melakukan dugaan money politic, segera laporkan dan supaya di diskualifikasi sebagai kandidat calon Wali Kota," ucapnya.

Baca Juga: Ini Dia Tujuh Tokoh Kuat yang Maju di Pilgub Jabar 2024. Ridwan Kamil di Posisi Teratas Hasil Survei ARCHI

Dengan demikian, lanjut dia, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya untuk lebih mempersiapkan lebih baik lagi dalam menghadapi Pilkada serentak 2024.

"Keberadaan Bawaslu Kota Tasikmalaya harus lebih jelas dan maslahat untuk demokrasi, jangan sampai menutup mata bilamana ada temuan atau laporan terkait adanya dugaan money politic, harus bersikap sesuai aturan yang berlaku," tegas Mantan Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Siliwangi ini.

Penyelenggara Pilkada, kata Taufiq,  KPU juga Bawaslu keberadaannya harus terasa bermanfaat dan konstruktif untuk kemajuan demokrasi dan peradaban Kota Tasikmalaya, dan harus lebih berani, amanah dalam menjaga prinsip langsung umum bebas rahasia (Luber) serta jujur dan adil (Jurdil).

Baca Juga: Resep Es Mudah Murah Meriah: Es Buah Nasdem, Nanas Bikin Adem. Pelepas Dahaga Buka Puasa yang Mak Nyess!

Halaman:

Editor: Zulkarnaen Finaldi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x