Apakah Ade Sugianto Bisa Mencalonkan Bupati atau Tidak di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024? Ini Jawaban KPU

- 19 Mei 2024, 18:53 WIB
Ilustrasi Pilkada. Bupati Ade Sugianto disebut-sebut terancam tak bisa mencalonkan diri dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024.*
Ilustrasi Pilkada. Bupati Ade Sugianto disebut-sebut terancam tak bisa mencalonkan diri dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024.* /FOTO. Net

KABAR TASIKMALAYA - KPU Kabupaten Tasikmalaya belum bisa mengambil keputusan apakah Bupati Tasikmalaya yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Tasikmalaya, Ade Sugianto bisa mencalonkan atau tidak dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Alasannya, karena Peraturan KPU atau PKPU yang menjadi dasar aturan untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 masih dibahas oleh KPU RI. Hingga saat ini, menurut Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ade Abdulah Shidiq, PKPU-nya belum keluar.

"Kami belum bisa memutuskan itu, karena PKPU terbaru belum keluar, jadi kita mengikuti dari PKPU pencalonan seperti apa, bisa masuk atau tidak nanti ada klausul, jadi sebetulnya tergantung sudut pandang," ungkap Ade Abdulah Shidiq, Sabtu 19 Mei 2024.

Hal itu dikatakan oleh Ade Abdulah Shidiq saat ditanya kabar-tasikmalaya.com, terkait informasi yang menyebutkan bahwa peluang Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Tasikmalaya untuk mencalonkan diri dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya terancam karena dianggap sudah menjabat dua kali masa jabatan.

Baca Juga: Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto Terancam Tak Bisa Mencalonkan Lagi di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024

Dia menjelaskan, melihat terminologi Ketua KPU Pusat, Hasyim Asy'ari bahwa kalau terjadi akumulasi seumpamanya diatas dua tahun setengah itu sudah dianggap satu periode dan kalau tidak akumulatif khususnya untuk Kabupaten Tasikmalaya tidak masuk dua periode.

"Kalau kita merujuk ke PKPU sebelumnya tahun 2022, nah itu kan rujukannya periode pertama lima tahun full, baru di periode kedua sudah di batas minimum 2 tahun setengah maka bisa dihitung satu periode," tuturnya.

Dia melanjutkan, dalam PKPU tentang pencalonan,  biasanya ada point-point klausul tertentu dan itu bisa menjadi dasar KPU Kabupaten Tasikmalaya dalam menentukan calon Bupati.

Baca Juga: Cara Membuat Daging Sapi Cabai Hijau ala TriPujis Youtuber Masakan. Pedas, Segar, pas Menu Hari Raya Idul Adha

Halaman:

Editor: Zulkarnaen Finaldi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah