Umat Islam Harus Ingat! Cek Arah Kiblat, Senin-Selasa, 27 dan 28 Mei 2024. Kemenag: Ini Istiwa A’zam 

- 15 Mei 2024, 13:15 WIB
Ilustrasi. Tiga cara menentukan arah kiblat sebelum sholat sunnah atau wajib lima waktu, penting diketahui saat bepergian atau dalam perjalanan.
Ilustrasi. Tiga cara menentukan arah kiblat sebelum sholat sunnah atau wajib lima waktu, penting diketahui saat bepergian atau dalam perjalanan. /PIXABAY/gulzer

 

KABAR TASIKMALAYA - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyerukan kepada seluruh muslim di Indonesia untuk mengecek ulang arah kiblat tepat pada 27 dan 28 Mei 2024 mendatang, seiring terjadinya peristiwa Istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat.

Istiwa A’zam merupakan momen ketika matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah, sehingga arah kiblat akan searah dengan matahari yang ditandai dengan bayang-bayang benda tegak lurus yang akan membelakangi arah kiblat.

"Peristiwa Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat akan terjadi pada hari Senin dan Selasa, 27 dan 28 Mei 2024, bertepatan dengan 18 dan 19 Dzulkaidah 1445 H pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA. Saat itu, matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah," jelas Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI Adib dalam keterangan di Jakarta hari ini Rabu, 15 Mei 2024.

Baca Juga: Inilah Amalan Malam Lailatul Qadar Sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW

Adib menjelaskan, berdasarkan tinjauan astronomi/ ilmu falak, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk memverifikasi arah kiblat, antara lain menggunakan kompas, theodolite, serta fenomena Istiwa A'zam tersebut.

Terkait fenomena yang akan terjadi, hal ini adalah kesempatan bagi umat Islam untuk mengecek tanpa ada alat bantu berupa kompas dan theodolite,

"Ini adalah waktu yang tepat bagi kita, umat Islam Indonesia untuk kembali mengecek arah kiblat," lanjutnya.

Baca Juga: Inilah Amalan Malam Lailatul Qadar Sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW

Halaman:

Editor: Utami Isharyani Putri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah