FISIP Unsil Gelar Workshop Kurikulum Jurusan Ilmu Politik Berbasis Outcome Based Education

- 23 Mei 2024, 11:42 WIB
Jurusan Ilmu Politik FISIP Unsil Gelar Workshop Kurikulum Jurusan Ilmu Politik Berbasis Outcome Based Education
Jurusan Ilmu Politik FISIP Unsil Gelar Workshop Kurikulum Jurusan Ilmu Politik Berbasis Outcome Based Education /Dok Fisip Unsil

KABAR TASIKMALAYA – Sejumlah stakeholder di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya serta alumni jurusan Ilmu Politik dari berbagai Perguruan Tinggi menghadiri Workshop dengan tema “Kurikulum Jurusan Ilmu Politik Berbasis Outcome Based Education (OBE)” yang digelar oleh Jurusan Ilmu Politik Fisip Unsil, Senin – Rabu, 20-22 Mei 2024.

Workshop yang digelar di Kampus Fisip Universitas Siliwangi tersebut menghadirkan Guru Besar Ilmu Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Prof. Dr. Sofa Marwah, M.Si.

Dalam workshop tersebut, Prof. Sofa Marwah memberikan mengkaji kurikulum yang sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan. Pada awal pemberian materi, dia memberikan overview terkait dengan kurikulum Jurusan Ilmu Politik yang diterapkan di Universitas Siliwangi.

Kurikulum yang diberlakukan ini kemudian dikaji bersama-sama oleh peserta workshop. Para praktisi, akademisi, hingga alumni Ilmu Politik kemudian memberikan masukan-masukan tentang kurikulum yang seharusnya diterapkan yang sesuai dengan kebutuhan masa kini.

Baca Juga: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Unsil Gelar Webinar Internasional Digital Storytelling

Para stakeholders di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya pula memberikan masukan dan saran akan pengembangan kurikulum yang baru dalam menunjang kebutuhan instansi agar lulusan dapat diserap dengan baik oleh pengguna.

Optimalisasi kurikulum

Dalam upaya optimalisasi kurikulum yang baru, diskusi yang efektif terjadi pada hari kedua antara dosen dan pemateri, yaitu Prof. Sofa Marwah terkait dengan kesesuaian struktur kurikulum dengan Capaian Pembelajaran Lulusan.

Lebih lanjut, banyak masukan dari dosen terkait dengan pembaharuan kurikulum yang akan diterapkan di Jurusan Ilmu Politik. Diskusi tersebut merupakan upaya dialektika dalam membangun kurikulum yang kontemporer, sehingga lulusan yang dihasilkan mampu mempelajari dan memahami hal-hal penting dalam kehidupan sosial.

Baca Juga: Rekomendasi Perlengkapan Fashion Branded dari Banananina, Cocok Dipakai Wisata di Bandung Barat  

Halaman:

Editor: Zulkarnaen Finaldi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah